Tugas Pokok & Fungsi

Tugas Pokok dan Fungsi Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Andalas

(Dikembangkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 25 tahun 2012
tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Andalas)

 

NO  NAMA JABATAN  URAIAN TUGAS
1 KETUA 1. Merencanakan dan mengembangkan layanan TI bagi/untuk Universitas Andalas.
2. Menyusun rencana strategi kegiatan dan anggaran tahunan.
3. Memasyarakatkan layanan TI dilingkungan Universitas untuk mendorong percepatan peningkatan mutu akademik, perpustakaan, administrasi, keuangan, kepegawaian, sarana prasarana, sistim informasi kelembagaan.
4. Melakukan pengawasan sistim dan koordinasi pengembangan dengan unit pengguna layanan.
5. Merancang dan merencanakan program-program kerja berbasis IT. 
6. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Rektor.
 
            DIVISI JARINGAN
  KOORDINATOR 1. Memonitor jaringan yang ada di lingkungan Universitas Andalas.
2. Mengalokasikan IP Publik serta Private untuk jaringan di Universitas Andalas.
3. Merencanakan perubahan IP jangka panjang.
4. Merencanakan infrastruktur jaringan untuk jangka panjang (Fiber Optik, Server, Router).
5. Menjamin adanya layanan yang berkesinambungan.
6. Menyelesaikan permasalahan-permasalahan dan insiden.
7. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
 
2 TEKNISI  
1. SYSTEM ADMINISTRATOR COMPUTER 1. Menyiapkan infrastruktur jaringan Hotspot ( Taman, Gedung dan Mobile ).
2. Mengelola perangkat lunak system ( Proxy, DNS, Routing Table Server, Linux ).
3. Mengelola Router-router di Fakultas.
4. Mengelola Router-router Hotspot.
5. Memonitor proses-proses dan penggunaan system ( Bandwidth, Main Gateway,  Proxy, Router, Server ).
6. Mengatur user jaringan dalam hak akses, hak penggunaan sumber daya, hak penggunaan data.
7. Melindungi dan memastikan jaringan komputer dari ancaman virus, dengan kondisi dalam keadaan aman dan berfungsi dengan baik.
8. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
2. NETWORK ADMINISTRATOR 1. Mengatur dan menagani Trouble Local Area Network (LAN) serta Wide Area Network (WAN)
2. Menyiapkan infrastruktur jaringan VICON.
3. Mengelola router Inherent.
4. Menangani masalah (troubleshooting) secara teknis.
5. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
3. TECHNICIAN 1. Memonitor jaringan listrik.
2. Mengoperasian pemakaian genset dalam keadaan lampu mati.
3. Mengontrol penggunaan alat pendingin/pengatur ruang untuk peralatan IT.
4. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
3 ADMIN FAKULTAS/UNIT 1. Menyiapkan insfrastuktur jaringan Fak/Unit
2. Mengontrol dan mengelola perangkat lunak Fak/Unit
3. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
            DIVISI MULTIMEDIA
1 KOORDINATOR 1. Menganalisa server Website, Repository, Ilearn, dan Blog Unand.
2. Merencanakan pengembangkan aplikasi pada situs web yang interaktif.
3. Merencanakan Perancangan design website, promosi, dll.
4. Menganalisa lalu lintas user Blog, Repository, dan ILearn.
5. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas
6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
2 TEKNISI  
1. WEB DESIGNER 1. Memenage tampilan situs halaman web (web page).
2. Mengelola, mengeksplorasi dan mengimplementasikan tata letak, pengolahan gambar, warna dan artistik halaman web serta aspek komunikasi.
3. Memperhitungkan kompatibilitas browser design dan kecepatan download halaman.
4. Mengatur background, jenis huruf, gambar, ukuran file, warna, dll.
5. Membantu promosi Universitas Andalas berbasiskan web
6. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
 
2. WEB ADMINISTRATOR 1. Mengadministrasi, mengatur dan memonitoring situs web.
2. Mengelola dan menganalisis semua informasi pada situs web.
3. Mengelola Websites Universitas Andalas.
4. Memanage tampilan Blog, Repository dan I-Learn Unand.
5. Mengupload setiap berita yang ingin ditampilkan di website Utama Unand.
6. Mencek dan memanagemen setiap user yang ada diblog unand yang berkemungkinan adanya spam.
7. Memonitor lalu lintas user dari Blog, Repository, dan Ilearn.
8. Memonitor lalu lintas dan manajemen user sub domain dan sub direktory dari website Univeristas Andalas.
9. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
3 ADMIN FAKULTAS/UNIT 1. Mengupload setiap berita di unit yang ingin ditampilkan di website unand.
2. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
 
            DIVISI PENDATAAN
1 KOORDINATOR 1. Merancang dan merencanakan program data.
2. Memonitor distribusi data sebagai bahan informasi pengambilan keputusan.
3. Mengembangkan aplikasi data.
4. Mengevaluasi sistim pendataan yang akurat. 
5. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
 
2 TEKNISI  
  1. COMPUTER PROGRAMMER 1. Merencanakan Pengembangan aplikasi data komputer (SI Akademik, SI Kepegawaian, SI Aset, SI Keuangan, dll).
2. Melakukan pemeliharaan program dan database.
3. Melakukan pengujian terhadap aplikasi data.
4. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
 
2. DATA ADMINISTRATOR 1. Mengelola data dan backup data, pengarsipan serta dokumentasi data.
2. Menjaga keabsahan dan kevalidan data.
3. Mengontrol perawatan data.
4. Memonitor penggunaan data. 
5. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
3. ELEKTRONIC DATA 1. Mengolah dan mengklasifikasian data.
    PROCESSING 2. Menyortir, menghitung dan menyimpulkan data.
  3. Memverifikasi data Penerimaan Mahasiswa B-aru melalui jalur PMDK, SNMPTN, dan MANDIRI.
  4. Memverifikasi data Registrasi Mahasiswa Lama Semester Ganjil dan Genap.
  5. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
3 ADMIN FAKULTAS/UNIT 1. Mengelola basis data Fak/Unit (SI Akademik, SI Kepegawaian, SI Keuangan, SI Aset, dll).
2. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
 
            DIVISI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
1 KOORDINATOR 1. Merencanakan Perancangan program pelatihan.
2. Merancang dan merencanakan program pengembangan berkoordinasi dengan Divisi lain.
3. Mengembangkan kerjasama dengan fihak luar.
4. Memonitor pelaksanaan dan umpan balik pelatihan.
5. Memonitor pengembangan aplikasi yang dilakukan.
6. Mendukung pengembangan aplikasi pada divisi lain.
 
2 TEKNISI  
  1. Staff Pelatihan 1. Menyiapkan modul-modul pelatihan yang bersifat komersial.
2. Memperbanyak modul pelatihan yang bersifat komersial.
3. Bertanggung jawab terhadap pelatihan yang bersifat komersial.
4. Berkoordinasi dengan Subbag Administrasi dan Keuangan.
5. Melaporkan hasil pekerjaan kepada Koordinator Divisi.
2. Staf Pengembangan 1. Berkoordinasi dengan Divisi lain dalam pengembangan aplikasi yang ada.
2. Memngimplementasikan aplikasi baru sesuai permintaan dari Divisi atau Unit lain di dalam maupun luar Unand.
3. Melaporkan hasil pekerjaan kepada Koordinator Divisi.
            ADMINISTRASI DAN KEUANGAN
1 KASUBAG TU LPTIK 1. Menyusun rencana dan program kerja subbagian dan mempersiapkan penyusunan rencana dan program kerja lembaga;
2. Menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan di bidang ketatausahaan, keuangan, kepegawaian dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
3. Mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data ketatausahaan, keuangan, kepegawaian dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
4. Melaksanakan penyusunan program pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
5. Melaksanakan urusan ketatausahaan;
6. Melaksanakan urusan kerumahtanggaan;
7. Melaksanakan urusan keuangan;
8. Melaksanakan urusan pengelolaan barang perlengkapan;
9. Melaksanakan urusan kepegawaian;
10. Melaksanakan urusan administrasi pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
11. Melaksanakan urusan penerbitan hasil pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
12. Melaksanakan evaluasi kegiatan di lingkungan lembaga;
13. Melaksanakan urusan pelayanan data dan informasi hasil pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
14. Melaksanakan penyimpanan dokumen dan surat di bidang ketatausahaan, keuangan, kepegawaian dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
15. Menyusun laporan bagian dan mempersiapkan penyusunan laporan Lembaga.
2 HELPDESK 1. Mencatat, menyampaikan dan menangani permasalahan sesuai flowchart.
2. Menangani account pengguna.
3. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
 
3 ADMINISTRASI UMUM 1. Melaksanakan penatausahaan surat masuk dan surat keluar secara digital.
2. Melaksanakan pencatatan dan penataan sarana dan prasarana.
3. Membuat Laporan Pekerjaan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.