Pelatihan Mendeley Untuk Mengelola Referensi Ilmiah

26 April 2018

Sejak tahun 2016, LPTIK sudah melaksanakan Pelatihan Mendeley sebagai alat bantu sitasi/referensi dalam tulisan ilmiah. Pelatihan hari ini adalah yang ketiga kali. Ini salah satu upaya LPTIK untuk menaikkan sitasi dan memperkenalkan author Unand ke lingkungan produk Elsevier yang nantinya memudahkan penemuan artikel penulis, juga kerapian referencing style artikel ilmiah. Peserta juga dari Pustakawan Unand yang nantinya akan membantu mahasiswa pada daftar pustaka skripsi/thesis/disertasi mahasiswa.

Dalam rangka menfasilitasi dosen, pustakawan, dan mahasiswa dalam belajar manajemen referensi, Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Mendeley, yang dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Pusat Lantai Dasar Universitas Andalas pada hari Kamis tanggal 26 April 2018.

Handoko, M.Hum selaku narasumber menjelaskan citation atau sitasi tidak dapat dilepaskan dari sebuah karya tulis ilmiah. Sitasi menjadi sangat penting dalam penulisan seperti karya tulis ilmiah. Seringkali penulis pemula, mahasiswa dan masyarakat akademik pada umumnya, terjebak dalam tindakan yang salah karena kurang berhati-hati dalam sebuah sitiran. Mendeley merupakan salah satu aplikasi pengelolaan referensi ilmiah Open Source yang dapat digunakan secara bebas oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa untuk mengelola dokumen ilmiah dan referensi ilmiah.

Dalam pelatihan ini, peserta dibimbing secara intensif mulai dari proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi Mendeley Desktop, pengelolaan referensi ilmiah, hingga sitasi dan bibliografi menggunkan Mendeley. Selanjutnya, peserta juga mendapatkan materi membangun network akademis dengan memanfaatkan fitur Mendeley Group. Dengan demikian, peserta dapat mencari dan berpartisipasi dalam grup pengguna Mendeley di seluruh dunia yang memiliki bidang keahlian yang sama.

Diharapkan dengan adanya pelatihan pengelolaan referensi ilmiah menggunakan Mendeley ini dapat meningkatkan kualitas dan desiminasi penelitian dari dosen, peneliti, dan mahassiswa Universitas Andalas. Selain itu, dengan adanya akun Mendeley, menjadi peluang dosen, peneliti, dan mahasiswa Universitas Andalas dapat lebih eksis pada kancah akademis, khususnya di dunia maya yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi mereka dan juga bagi Universitas Andalas.

Materi pelatihan dapat di download disini.


LPTIK Unand

 

 

 

 

Read 211 times