CARA MEMBUAT LAPORAN PDF DENGAN CODEIGNITER

10 Januari 2018

Laporan adalah salah satu fitur yang selalu ada dalam sebuah aplikasi berbasis web, jadi skill untuk bisa menyajikan laporan adalah hal wajib yang dikuasai oleh developer, biasanya format laporan yang sering digunakan adalah dalam format PDF, Excel atau Ms Word. dalam tutorial ini anda akan belajar membuat laporan PDF Dengan Codeigniter Dan Database MySQL.

Konfigurasi Dasar Codeigniter

konfigurasi yang pertama yang akan kita lakukan adalah konfigurasi base_url, silahkan buka file config.php yang berada pada C:\xampp\htdocs\tutorialci\application\config dan silahkan sesuaikan dengan nama proyek anda.

selanjutnya kita akan load library database, karna nanti library ini akan kita gunakan untuk menampilkan data ke laporan pdf yang berasal dari database. silahkan buka file autoload.php yang berada pada :\xampp\htdocs\tutorialci\application\ dan load library database.

 

 

Membuat Database Dan Konfigurasi Database

Karna nanti data yang akan kita tampilkan berasal dari database maka kita akan mempersiapkan databse terlebih dahulu, silahkan buat sebuah database baru dengan nama tutorial dan buatlah sebuah tabel baru dengan nama mahasiswa dengan struktur tabel seperti berikut :

Kemudian kita akan melakukan konfigurasi database, silahkan buka file C:\xampp\htdocs\tutorialci\application\config\database.php dan sesuaikan konfigurasi databasenya sesuai dengan settingan web server anda.

 

Library FPDF Untuk Membuat Laporan PDF

salah satu library yang paling banyak digunakan oleh web developer adalah FPDF, library ini punya banyak fitur seperti bisa membuat posisi text dan gambar berdasarkan koordinat, mengganti font yang akan digunakan, menambahkan garis dan masih banyak lagi.

sekarang kita akan belajar cara membuat laporan PDF dengan codeigniter menggunakan library FPDF ini, silahkan download library nya pada situs resmi FPDF.  kemudian silahkan buat sebuah folder baru dengan nama fpdf pada C:\xampp\htdocs\tutorialci\application\third_party\ dan extract file fpdf181.zip ke folder tersebut.

Membuat Library Untuk Laporan PDF

sekarang kita akan membuat library untuk menggenerate laporan pdf nantinya, sekarang silahkan buat sebuah file baru dengan nama pdf.php pada folde application\libraries dan tulislah script ini :

  

 

Membuat Controller Untuk Mencetak Laporan PDF

Langkah terakhir adalah membuat controller yang akan kita gunakan untuk mencetak laporan PDF, silahkan buat sebuah controller dengan nama laporanpdf.php dan tulis script ini :

 

 

sekarang silahkan save file laporanpdf.php tadi dan kemudian silahkan buka web browser dan masukan http://localhost/tutorialci/index.php/laporanpdf pada addresbar, jika script yang anda tulis sudah benar maka akan muncul seperti berikut :

Begitulah cara membuat laporan dalam bentuk PDF dengan bahasa pemograman PHP, sebenarnya masih banyak fitur lain yang bisa anda coba seperti menampilkan gambar, garis dan lainya yang bisa anda pelajari melalui halaman dokumentasi library FPDF.

 

Sumber: https://belajarphp.net/laporan-pdf-codeigniter/

 

Read 3077 times