Trik Maksimalkan Efek Bokeh Pada Ponsel

08 Januari 2018

Jakarta, CNN Indonesia -- Para pencinta dan penggiat fotografi tentu tak asing dengan efek bokeh yang saat ini sedang ramai diperbincangkan. Efek bokeh merujuk pada kualitas estetika dari area out-of-focus sebuah foto dan membuat gambar terlihat lebih lembut.

Kata "bokeh" sendiri berasal dari bahasa Jepang yang memiliki arti kabur atau blur. Pada kamera DSLR, pengguna menggunakan aperture atau bukaan lensa yang besar dengan jarak fokus pendek terhadap subjek foto.

Melihat pasar yang potensial, para vendor ponsel pintar turut membawa efek bokeh dengan mengimplementasikan kemampuan peranti lunak dan keras secara bersamaan. Efek bokeh mulai diimplementasikan terhadap piranti lunak dan keras pada ponsel pintar. Pengguna hanya tinggal membidik objek yang diinginkan dan hasil dapat maksimal.


Lantas, apa saja tips dan trik yang harus diperhatikan bagi pemilik ponsel untuk bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh mumpuni? Dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan pengguna ponsel.


Pencahayaan yang sempurna
Cahaya menjadi komponen penting untuk menghasilkan sebuah foto dengan efek bokeh yang sempurna. Sebelum mengambil gambar, pengguna harus memastikan objek foto memiliki pencahayaan yang cukup dan merata.

Di sisi lain, mengambil foto menggunakan kamera depan dari ponsel pintar untuk mendapatkan efek bokeh pun memiliki tantangan tersendiri. 

Pastikan fokus pada subjek foto 
Pemotret harus menetapkan fokus subjek foto dengan jelas. Pasalnya, hal ini akan membantu subjek foto terisolasi dari latar belakang dan membuat hasil foto maksimal.

Bukaan lensa cepat 
Tips berikutnya yang dapat diperhatikan oleh pemotret adalah perangkat dengan bukaan lensa yang cepat dan lebar. Pemotret harus memperhatikan bukaan lensa minimal f/2,8 atau bahkan yang lebih baik lagi dengan bukaan f/2, f/1,8, atau f/1,4 untuk hasil yang lebih ideal.

Paham jarak yang sesuai antara foto dan latar belakang
Pemoret perlu memastikan ada jarak yang cukup antara subjek foto dan latar belakang ketika mengambil foto dengan efek bokeh. Bagi pencinta swafoto, dapat mengambil foto selfie menggunakan efek bokeh yang maksimal dengan adanya fitur soft light flash.

Maksimalkan aplikasi pengedit foto

Pemotret dapat memfinalisasi hasil foto menggunakan aplikasi foto editor yang disarankan untuk menghasilkan gambar dengan efek bokeh tidak berlebihan. Pengguna ponsel pintar juga perlu berupaya untuk menyesuaikan fokus, pencahayaan dan aperture bahkan setelah foto telah diambil. (age)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/

 

Read 114 times