Tren Ponsel Cerdas di 2018

03 Januari 2018

Jakarta, CNN Indonesia -- Persaingan teknologi ponsel pintar diprediksi akan semakin sengit pada 2018. Dari beberapa bocoran yang sudah beredar, dapat diperkirakan teknologi apa yang akan menjadi tren. 

Teknologi yang sudah digunakan di ponsel-ponsel unggulan keluaran Apple dan Samsung juga sepertinya akan ramai diadopsi oleh merek lainnya tahun ini. 

Berikut beberapa fitur yang diramal akan banyak digunakan oleh banyak pabrikan ponsel pintar sepanjang 2018.

Layar 18:9

Pegiat teknologi, Putu Reza, menyebut bahwa rasio layar ponsel 18:9 akan menjadi lumrah di 2018. Hal ini membuat ponsel terlihat memiliki bingkai layar yang tipis sedangkan layarnya sendiri menjadi lebih lebar.

"Rasio layar 18:9 akan semakin jadi akan menjadi standar wajib mungkin dari brand-brandChina dan mungkin brand lain yang akan membuat smartphone dengan rasio layar tadi," ujarnya dalam wawancara dengan CNNIndonesia beberapa waktu lalu.

LG G6 disebut gawai yang mengadopsi teknologi tersebut yang pertama kalinya. Selanjutnya, lebih banyak ponsel yang mengikuti termasuk ponsel yang ingin meniru desain iPhone X.

Pemindai wajah

Menurut Putu, Apple dengan iPhone X telah menciptakan standar keamanan dengan pengenalan wajah yang baru. Berbeda dari yang pernah ada di Android, pengenalan wajah di iPhone X tidak hanya mengandalkan geometrik.

"Itu akan banyak diikuti juga jadi nggak hanya sekedar geometriks sekedar foto aja seperti yang kebanyakan di Android sekarang," katanya.

Sejauh ini, ponsel Android yang menerapkan pengenalan wajah telah menggunakan kamera dasar daripada proyektor dot dot 3D yang rumit dan sensor inframerah yang dimiliki iPhone X.

Mode foto bokeh

Apple juga disebut akan mempengaruhi pabrikan ponsel pintar untuk menciptakan mode portrait di kamera depan. iPhone X memiliki mode yang membuat hasil kamera swafoto menjadi lebih baik dan dramatis seperti hasil jepretan DSLR.

"Kamera depan di iPhone X seperti fitur portrait lighting itu kayaknya juga bakal diikuti banyak juga" lanjutnya.

Menurut Senior Vice President of Marketing Apple, Phil Schiller, fitur tersebut berbeda dari filter yang selama ini umum digunakan di ponsel Android. 

Mode tersebut menciptakan hasil foto dengan kedalaman yang ditenagai kecerdasan buatan (AI) dan kamera TrueDepth.

Under display

Ini adalah teknologi pemindai sidik jari teranyar. Pemindai diletakkan dibawah layar. Sebelumnya, Apple dikabarkan akan menggunakan teknologi ini untuk iPhone X mereka. Tapi ternyata rumor ini tak terbukti.

Belakangan Synaptics mengumumkan bahwa perusahaannya telah melakukan produksi awal untuk teknologi ini. Sehingga, diperkirakan teknologi ini akan marak ditemui di berbagai ponsel. 

AI makin canggih

Kecerdasan buatan (artificial intelegence - AI) diprediksi akan makin menjadi andalan. Sebab, AI akan makin cerdas dan kemampuan prediksinya makin baik. 

Kamera telepon, pengenal objek, penjadwalan yang cerdas dan rekomendasi semuanya akan membaik. Namun kemampuan cerdas ini harus bisa dihadirkan dengan tepat guna dan tidak mengganggu, seperti diberitakan NDTV.  (eks)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi

 

Read 65 times