LPTIK mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Repository Universitas Andalas

10 Oktober 2017

Senin, 9 Oktober 2017 Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) mengadakan Pelatihan Repository di Gedung Seminar F, Kampus Unand Limau Manis Padang. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung publikasi/ karya ilmiah yang belum di publikasikan secara online dan Repository juga dapat di gunakan untuk penyimpanan dokumen digital.

Pada pelatihan kali ini peserta yang mengikuti pelatihan yaitu dari dosen dan admin multimedia serta admin unit kerja yang ada di lingkungan Universitas Andalas.

Handoko, M.Hum  selaku narasumber menjelaskan fungsi repository sebagai media penyimpanan, guna mendukung publikasi dan aksesibilitas terhadap karya ilmiah yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.  Pada praktek pelatihan repository, semua peserta di pandu secara bertahap sesuai dengan standar tata kelola dalam proses upload artikel ilmiah pada repository Universitas Andalas. 

Disamping itu, untuk admin multimedia di fakultas dan unit kerja diberikan akses sebagai editor yaitu untuk memeriksa kelengkapan metadata artikel yang diupload agar tidak terjadi kesalahan atau data ganda sebelum dapat dipublikasikan di Repository.

Dengan adanya pelatihan kali ini,LPTIK mengharapkan kepada semua dosen dan admin Universitas Andalas dapat dengan maksimal dalam penggunaan repository Universitas Andalas sehingga karya tulis ilmiah dapat tersedia secara online sehingga dapat di indeks oleh google Scholar.

 

Divisi Multimedia

Read 361 times