Penambahan Publikasi di Google Scholar

22 Juli 2017

Google Scholar merupakan salah satu medium untuk menyampaikan informasi mengenai publikasi yang sudah dilakukan oleh ilmuwan (scholar). Ketika membuat akun Google Scholar, secara otomatis Google akan menemukan dokumen elektronik publikasi dan memungkinkan seorang ilmuwan untuk menambahkannya dalam profil publiknya. Namun ada beberapa dokumen elektronik yang tidak terbaca oleh Google. Karenanya diperlukan pekerjaan tambahan dari sisi ilmuwan untuk memasukkan publikasinya.

Penambahan dokumen publikasi ini memberikan peluang kepada penulis lain untuk bisa menyitir publikasi ilmuwan tersebut. Namun sering kali Google tidak menemukan publikasi dengan beragam penyebab. Bisa saja publikasi itu adalah publikasi cetak yang tidak pernah didaringkan. Atau publikasi itu tidak bisa ditemui Google karena aplikasi penyimpannya tidak "berbicara" dengan Google. Masih banyak peluang kejadian lain, sehingga publikasi tidak ditemui oleh Google, dan pada profil di Google Scholar tidak bisa ditampilkan.

Publikasi yang diindeks oleh Scopus, Web of Science, IEEE, DOAJ dan sejenisnya, biasanya sudah langsung ditemukan oleh Google, sehingga tidak diperlukan kerja ekstra dari sisi penulis.

Untuk mengatasi kondisi ini, Google juga memberikan kemudahan bagi ilmuwan dengan menyediakan fasilitas penambahan publikasi secara manual. Berikut adalah langkah yang bisa diikuti untuk keperluan tersebut.

Pertama, dengan menggunakan web browser apapun (Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Microsoft Internet Explorer, Microsoft Edge, dll) kunjungi halaman http://scholar.google.com dan masukkan username serta password yang dipakai untuk membuat akun Google Scholar sebelumnya.

Kedua, pada halaman Google Scholar, klik pada teks "My Citation" di bagian atas.

Ketiga, pada halaman profil klik pada tanda tambah (+) dengan teks "Add" di bawah foto profil, di atas daftar publikasi

Keempat, lihat pada sisi kiri browser dan klik pada teks "Add article manually"

Kelima, pada sisi kanan setelah langkah 4, akan ada dialog untuk menambahkan publikasi berdasarkan jenisnya. Silahkan dilengkapi sesuai dengan data publikasi yang dimiliki dan akhiri dengan menekan tombol "Save" di bagian kanan bawah atau kiri atas.

Dengan melengkapi publikasi yang belum ditemui oleh Google tentunya akan memudahkan penulis lain mengetahui publikasi apa yang sudah ditulis oleh seorang ilmuwan.

Khusus untuk publikasi yang ingin ditemui lengkap dengan dokumen elektroniknya, maka perlu diunggah dokumen elektronik tersebut di lokasi lain. Lokasi dimaksud adalah server apapun yang bisa dibaca oleh Google.

 

Read 817 times