Cara Konfigurasi OJS untuk Deposit DOI Secara Otomatis

01 April 2017

DOI adalah kependekan untuk Digital Object Identifier yang merupakan kombinasi karakter unik dan permanen yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah artikel jurnal, edisi terbitan, website, dan dokumen lainnya. DOI berisi alamat yang mengacu pada sebuah objek di Internet pada sebuah alamat internet atau URL tertentu. Manfaat DOI untuk penerbit adalah adanya link tetap, visibilitas dan aksesibilitas konten/artikel, adanya kesepakatan link terpusat, integrasi URL terbuka, nilai tambah, link internal dan eksternal, dan efektifitas pembiayaan. DOI diafiliasikan dengan sebuah penerbit (dalam hal ini Universitas Andalas) yang akan melakukan deposit file XML DOI atas setiap artikel yang diterbitkan. DOI dipakai untuk berbagai media daring, seperti buku, bagian buku, jurnal, artikel jurnal, volume jurnal, nomor/issue jurnal, prosiding konferensi, paper dari prosiding, database, standar, laporan teknis, tesis, disertasi, data set, serta data element.

DOI didapat dengan membayar biaya anggota tahunan ke CrossRef dan kemudian biaya per artikel yang dikenakan DOI suffix-nya. Setelah memiliki DOI, sebuah artikel tidak serta merta bisa dibaca oleh Internet. Diperlukan konfigurasi dan pekerjaan lain dari sisi pengelola website, ejournal, repository, dll sebelum media digital bisa dilihat dengan manfaat seperti yang disampaikan sebelumnya dari Internet. Sifat pekerjaan dihitung berdasarkan jumlah artikel sebagai kalkulasi pembayaran deposit DOI yang akan ditagih oleh CrossRef kemudian. Ada dua cara untuk proses deposit artikel ke CrossRef yaitu dengan cara manual dan otomatis dari backend aplikasi. Pada tulisan ini akan disampaikan cara kedua, yaitu proses yang pada jangka panjangnya bekerja secara otomatis. Walaupun otomatis, tetap diperlukan konfigurasi di awal. Silahkan ikuti langkah berikut untuk konfigurasi unggah data artikel ke CrossRef secara otomatis pada jurnal yang memakai Open Journal System (OJS).

Pertama. Pastikan bahwa semua langkah pengaturan jurnal yang diperlukan oleh plugin CrossRef sudah selesai dilengkapi. Di bawah “Journal Setup Step 1, akan diperlukan informasi berikut :

  • Judul Jurnal
  • Inisial Jurnal
  • Singkatan Jurnal
  • ISSN (cetak atau elektronic)
  • Kontak utama atau di OJS dikenal sebagai Principal Contact (nama dan email)
  • Kontak Technical Support (nama dan email)
  • Penerbit (dalam hal ini nama Universitas Andalas dengan URL http://www.unand.ac.id)

Kedua. Enable dan konfigurasikan plugin DOI public identifier pada System Plugins -> Public Identifier Plugins -> DOI Plugin.

  • Langkah untuk bagian ini dimulai dengan pilih Enable pada plugin tersebut; kemudian lengkapi konfigurasi pada bagian Settings.
  • Untuk pengaturan plugin, pastikan bahwa sudah dicentang Articles and Supplementary Files untuk men-deposit konten jurnal.
  • Pastikan bahwa juga sudah dimasukkan prefix DOI yang diberikan oleh CrossRef dan dilanjutkan dengan konfigurasi suffix DOI tersebut. PKP OJS sangat merekomendasikan untuk memakai pola bawaan yang ada untuk jurnal baru dan belum pernah memakai/diberikan DOI sebelumnya.

Ketiga. Pastikan bahwa artikel sudah memiliki DOI untuk masing-masingnya.

Keempat. Pastikan bahwa nomor halaman di-enable-kan dan tampil untuk artikel yang akan diunggah DOI nya.

  • Pertama, pilih Journal Setup Step 4.3 Identification of Journal Content
  • Hidupkan opsi Page Numbers
  • Kedua, masuk ke jurnal issue dan sertakan nomor halaman pada field yang disediakan. Pastikan bahwa format halaman adalah hanya first page atau first page - last page, contohnya : 1 - 10
  • Spasi sangat penting untuk deposit otomatis dan sebaiknya ikuti saja format standard/bawaan OJS untuk memisahkan nomor.

Kelima. Konfigurasi Crossref Deposit Plugin. Ini dilakukan dari plugin Import/Export -> Crossref Export/Registration.

  • Plugin tersebut akan memandu apakah semua keperluan sistem sudah dipenuhi
  • Nama depositor dan email biasanya akan diambil dari Primary Contact di jurnal, tapi ini bisa diubah bila perlu
  • Masukkan username dan password login ke CrossRef untuk menghidupkan deposit otomatis DOI

Demikian cara untuk melakukan unggah/deposit DOI ke CrossRef secara otomatis dari OJS.

Read 174 times