Cyanogenmod, Alternatif ROM Untuk Android

28 Oktober 2016

Di dunia smartphone android pasti tidak asing dengan Custom ROM. Tapi apa itu Custom ROM? Custom ROM bagi orang awam pasti sangat asing dan yang di maksudkan custom ROM adalah kostumisasi ROM pada android yang di buat oleh para developer. Nah banyak sekali jenis-jenis custom ROM yang terkenal dan disini akan membahas lebih jauh costum ROM terbaik yaitu Cyanogenmod. Penjelasan nya sebagai berikut yah:

Apa sih Cyanogenmod?
Cyanogenmod itu awalnya adalah sebagai alternatif bagi OS Android versi asli yang ada pada HTC Dream yang mengawalinya dengan versi CyanogenMod 3.1 pada tahun 2009.
Dengan adanya sistem open source dari Android dan kemungkinan untuk melakukan root, semuanya bisa saja terjadi dan juga dengan dimulainya popularitas dari Custom ROM khususnya CyanogenMod.

Jadi dengan adanya ini kita bisa memodifikasi android kita agar lebih kece dan smooth.

Jenis Dan Versi Cyanogenmod

Dari versi 9 sampai 10.2 ada beberapa fitur berbeda yang disajikan yaitu:

•    Nightly: dilengkapi fitur terbaru tapi sebenarnya versi ini masih belum stabil sepenuhnya.
•    Experimental: versi yang lebih stabil daripada nightlydan digunakan juga sebagai basis Custom ROM yang lainnya.
•    M Snapshot: lebih stabil dari dua versi sebelumnya tetapi masih dimungkinkan memiliki masalah kecil di dalamnya.
•    Release Candidate: sudah lebih stabil meskipun memang masih ada beberapa masalah kecil, tapi versi ini cocok digunakan sehari-hari.
•    Stable: versi yang terbaik, semua bugsudah hilang tetapi dalam proses pengembangannya memakan waktu yang cukup lama untuk akhirnya bias dirilis.

Setelah versi 10.2, CyanogenMod sudah mengubah siklus rilis setiap versinya dan lebih menyederhanakan prosesnya. Untuk kali ini hanya ada 2 pilihan saja, yaitu:

•    Development Channel: masih sama dengan versi nightlydan sangat tidak stabil.
•    Release Channel – M Snapshot versi ini masih cocok untuk digunakan sehari-hari meskipun masih ada beberapa masalah yang terjadi

Fitur Dari Cyanogenmod?


Nah banyak fitur yang di tawarkan dari ROM ini mulai dari sistem UI nya yang simple dan kece, adanya support overclock, rooted, tema yang keren dll. Cyanogenmod juga membuat android yang tidak ada update ROM seperti JB ke Kitkat menjadi nyata karena Cyanogenmod pun sering merilis update-an ROM bagi smartphone yang tidak mendapatkan update OS dari developer original nya (stock ROM).

Install Cyanogenmod

Hal pertama adalah Anda mengunduh ROM dari development channel atau release channel. Selanjutnya adalah  pada garansi ponsel Anda akan hangus, karena garansi tidak akan berlaku jika terjadi sesuatu pada ponsel. Untuk menggunakannya adalah sebagai berikut:
•    Unlock bootloader pada perangkat Anda, untuk beberapa kasus, hal ini susah untuk dilakukan bergantung dengan ponsel apa yang digunakan. Jika sukses, semua data yang ada akan terhapus semua, jadi sebelumnya disarankan untuk melakukan backup
•    Instal custom recovery seperti biasa layaknya TWRP atau CWM Recovery. Unduh data.img dari situs dan simpan data tersebut di folder yang gampang diingat.
•    Sebelumnya, pastikan Anda sudah memiliki ADB dan Android SDK yang sudah terinstall dan bekerja dengan baik di komputer Anda. Pada aplikasi atau command promptlakukan fastboot flash recovery(lokasi dari data recovery yang ada di komputer). Sebagai contoh “fastboot flash recovery c:\recovery.img”, setelah selesai, reboot perangkat Anda dan perangkat akan melakukan boot seperti biasanya.
•    Melakukan flash data ROM berformat zip sama seperti kita melakukan recovery, hanya klik “install” dan akan langsung mengarahkan anda ke folder tempat anda menyimpan data zip tersebut atau jika anda menggunakan CWM Recovery, klik “install” lalu “Choose zip rom SDCard” dan akan diarahkan ketempat anda menyimpan data anda. Lakukan install tetapi jangan lakukan reboot terlebih dahulu diamkan saja dalam keadaan recovery mode.
•    Lakukan flash untuk GApps berformat zip, GApps adalah salah satu produk dari Google Apps, semenjak diambil alih oleh Google, CyanogenMod tidak dapat melakukan proes install dengan GApps ini, jadi anda hanya flash data zip tersebut layaknya anda saat menginstall ROM setelah menginstall CyanogenMod. Android 5.1.x Gaps dan Android 6.0 GApps
•    Lakukan reboot jika proses sukses, perangkat anda sekarang sudah memakai CyanogenMod.

Info Download dan Tutorial bisa ke www.cyanogenmod.org dan forum.xda-developers.com terdapat banyak banget solusi dan tutorial untuk cyanogenmod di sana.

Mudah namun cyanogenmod tidak semua merilis untuk semua smartphone. Jadi berdoa saja kalian agar smartphone kalian support dan di kembangkan oleh developer cyanogenmod. Cyanogenmod di peruntukan bagi yang memang sudah mengenal dan oprak oprek android selanjutnya. Cyanogenmod cocok sekali yang selalu tidak puas dengan peforma android seperti RAM kecil, terlalu banyak Bloatware (aplikasi bawaan), kecepatan CPU kurang dll, tetapi banyak juga kok smartphone canggih dengan harga murah yang dijual di pasaran salah satunya bisa kamu temukan di kliknklik.com. Untuk menggunakan cyanogenmod saya berpesan “DO IT YOU OWN RISK”.

Sumber: http://kliknklik.com/blogs/cyanogenmod-alternati-rom-untuk-android/

 

Read 522 times