Tips Obati Kecanduan Smartphone dengan Cara Simpel Berikut Ini

26 Oktober 2016

Anda adalah pecandu smartphone? Siang malam tidak pernah bisa lepas dari smartphone. Jika bateraimu hampir habis anda merasa gelisah, jika smartphonemu lambat anda merasa marah. Sebuah survei di Inggris menyatakan orang-orang tidak bisa lebih dari satu jam tidak mengecek smartphone mereka. Baik anda pecandu parah atau ringan, tenang sekarang ada obatnya.

Menurut video yang dibuat oleh The Atlantic, obat untuk menyembuhkan kecanduan smartphone tepatnya ada di pengaturan smartphone itu sendiri. Dengan mengubah warna layar menjadi abu-abu, anda telah menghilangkan satu warna yang merangsang otak untuk tertarik. Warna itu adalah merah. Itulah sebabnya kenapa tanda “berhenti” adalah merah dan notifikasi facebook, pesan instan, bbm, juga menggunakan warna yang sama. Berdasarkan The Atlantic, warna inilah yang membuat anda untuk tertarik mengecek pemberitahuan smartphone lagi dan lagi. Seberapa sering? Sebuah polling yang digalang tahun lalu mengatakan bahwa 75% dari pemilik smartphone memeriksa telepon mereka setiap jam.

Untuk pengguna Apple iPhone anda bisa mengubah layar menjadi abu-abu dengan mengaturnya di Pengaturan >> Umum >> Aksesibilitas kemudian di sana ada tombol untuk Balikkan Warna.
Namun jika anda adalah pengguna Android. Cara ini hanya akan berhasil untuk Android 5.0 ke atas. Caranya adalah dengan mengaktifkan mode Pengembang dengan cara mengetuk Versi Kernel di Tentang ponsel di Pengaturan berulang kali sampai mode Pengembang aktif (untuk mengaktifkan mode pengembang bisa berbeda-beda tiap handset tergantung pabrikan masing-masing) kemudian pergi ke menu Opsi pengembang yang ada di pengaturan, opsi ini hanya akan muncul sekali jika hilang nyalakan lagi seperti langkah di atas. Pada render yang dipercepat perangkat keras, temukan Simulasi ruang warna, masuk kesitu dan pilih monokromasi.

Setelah ponsel anda menjadi abu-abu kusam, anda akan merasa diri anda jauh lebih sedikit melihat ke ponsel daripada biasanya. Anda menjadi lebih produktif karena anda tidak merasa terdorong untuk memeriksa ponsel anda setiap jam. Namun apakah cara ini efektif untuk mencegah anda dari kecanduan ponsel? Beberapa pengguna mengirimkan komentar mereka.

Ada @JackPham yang mengatakan “Saya mengubah tampilan iPhone saya menjadi abu-abu. Itu seolah-olah segala sesuatu yang ada di telepon saya adalah memori dari masa lalu dan semua appsnya tidak berfungsi. #weeeeee!

Kemudian @BrizzyBeast mengatakan “Saya mengubah iPhone ke abu-abu dan saya tidak tahu ternyata itu terasa nyaman (:

Namun ada juga pengguna yang tidak merasakan perubahan

@beraemcclary: “iPhone tidak mengurangi kecanduan dalam mode abu-abu, namun pastinya lebih … Berkelas? Estetis kohesif, setidaknya.

Bagaimanapun ini adalah cara yang murah untuk anda coba sendiri. Selain itu mode abu-abu juga turut menekan konsumsi daya baterai karena layar tidak menyedot banyak daya untuk menampilkan layar monokrom dibanding layar warna-warni.

Sumber : http://kliknklik.com/blogs/tips-obat...l-berikut-ini/

Read 269 times