Sanksi Akademik untuk Perguruan Tinggi Penyelenggara Ospek dengan Kekerasan

30 Jun 2016

OSPEK, sebutan ospek agaknya kurang bersahabat di telinga masyarakat karena sudah sering dihubungkan dengan kekerasan para mahasiswa senior. Namun berhubung Ospek sebenarnya adalah sebuah kegiatan memperkenalkan kampus kepada mahasiswa aru, yang berfungsi sebagai jembatan untuk mensosialisasikan kehidupan di Perguruan Tinggi dan proses pembelajaran yang akan dihadapi mereka. Maka Ospek tetap menjadi sesuatu kegiatan yang dibutuhkan dan dibenarkan peraturan perundangan tentang Kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, diatur masing-masing kampus berpedoman pada Keputusan Dirjen Dikti Tahun 2014 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru.
Produk hukum terkait:

 1. UU no. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Penjelasan

(1) Mahasiswa mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan dirinya melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler sebagai bagian dari proses Pendidikan.
(2) Kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dilaksanakan melalui organisasi kemahasiswaan.
(3) Ketentuan lain mengenai kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dalam statuta Perguruan Tinggi.

2. Surat Edaran Dirjen Belmawa No.01/DJ-Belmawa/SE/VII/2015 tentang Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2015-2016

3. Keputusan Dirjen Dikti No.25/DIKTI/Kep/2014 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru.

 

Sumber: http://www.kopertis12.or.id

Read 2073 times